Sunday, February 5, 2012

Hotel Kecil lebih Memberdaya

Berkunjung ke Bromo, tempat ini hanya menjual eksotisnya pemandangan Bromo. Begitu indah dari sudut manapun anda menikmati. Tak heran ini adalah salah satu magnet utama wisata Jawa Timur, meski ada beberapa wisata berbasis wisata alam menarik lainnya seperti Baluran dan Sukamade.

Banyak Pengunjung, tidak ada Barang dijual

Saya hanya melihat, dengan magnet sekuat itu, wisata Bromo hanya menjual apa yang sudah ada "pemandangan".
Bisnis wisata berbasis masyarakat, seperti hotel tidak maksimal, hanya berfungsi sebagai pelengkap tempat wisata.
Hotel kecil sebenarnya bisa lebih kreatif, indah, nyaman, dan menjadi sesuatu yang layak menjadi magnet baru.

Membuat Produk Wisata Baru berbasis Masyarakat

Satu hal lagi bahwa saya selalu percaya hotel kecil (pondok, villa, homestay) yg dibangun masyarakat. Semakin banyak, semakin bagus, karena laba usaha akan mengalir pada masyarakat itu sediri, ekonomi daerah jelas lebih berdaya.

Adanya hotel besar jelas butuh invest besar, yang lebih memungkinkan orang luar daerah yang melakukan. Hotel besar pasti menyerap tenaga, hanya pemenuhan ekonomi, bukan pemberdayaan.

Hotel kecil, hanya perlu kreatifitas, bentuk bisa bermacam dan kreatifitas menutup kebutuhan modal gede.
Dan begitu pula dengan paket wisata lain selain hotel. Kuncinya adalah apa yang dibangun dan dikelola masyarakat, itu lebih memberdaya

1 comment:

  1. betul sekali, harusnya lebih kreatif dan lebih banyak yang bisa dijual. tentu dengan value yg lebih tinggi.

    ReplyDelete