Friday, September 16, 2011

Inspirasi Indonesia? Indonesia Inspirasi Dunia!

Liburan lebaran kemarin, beberapa hari di rumah melihat promo tanyangan program Kompas TV, yang sebenarnya sudah launching 9 September 2011 ini dan sayang di Jogja belum ada chanel.

inspirasi indonesia

Inspirasi Indonesia?

Inspirasi Indonesia, visi sebagai televisi yang menginspirasi Indonesia dengan tayangannya. Jujur sekali, pakai sumpah, senang akhirnya ada TV yang mau ekplorasi budaya dan alam Indonesia. Dari alam, laut, goa, tempat-tempat eksotik, budaya adat daerah, bahkan sejarah kopi, selamat KOMPAS TV, anda sudah bangun.. ;)

Dalam pikiran saya, ini sebenarnya bukan ide baru, hanya realisasi baru. Ide Kompas TV bagus buat saya, tapi sebenarnya bukanlah ide yang spektakuler, atau hebat banget. Hebat dan salut saja buat KOMPAS TV.

Tidaklah spektakuler menurut saya, karena tidak sulit mencari sesuatu yang hebat tentang Indonesia. Jadi kalau "bahan"nya itu Indonesia tidaklah sulit untuk mencari sesuatu yang hebat, budaya tinggi, alam yang indah. Andai saja kita merem, dari baunya saja kita bisa melihat Indonesia itu Indah.
Hanya saja sebelum ini program TV yang ada, buta hati saja.. ;)
Ada sih program yang ekplorasi budaya, alam, ataupun kuliner, tapi sifatnya hanya latah, karena orientasi profit tidak pernah dicampur dengan kwalitas... dalam prioritas yang terpisah.
Belum lagi tanyangan kuis dan program yang mengeksploitasi kemiskinan, meski sebenarnya itu hanya bisa dinilai di hati soal orientasinya profit atau ikhlas menolong orang susah.. Tapi jelas bagi saya, bantuan yang menjawab masalah itu adalah pemberdayaan.
Intinya dengan tanyangan televisi yang ada selama ini hanya semakin mengkerdilkan bangsa yang sebenarnya besar ini. Bukannya membukakan mata bahwa banyak hal hebat yang dipunya bangsa ini dan banyak yang bisa diakukan dengan itu, dengan tanyangan yang menginspirasi.

Indonesia Inspirasi Dunia

KOMPAS TV = Inspirasi Indonesia, come on!! Indonesia-lah yang menginspirasi kita, harusnya Indonesia menjadi Inspirasi Dunia. Alam Indonesia yang sekaya-kayanya Bangsa yang punya, Seindah-indahnya alam tropis. Bangsa yang sekaya-kayanya budaya, Banyak suku dengan budaya dan ilmu pengetahuan tinggi, dan kita sungguh sangat dibutakan untuk tidak pernah mau tahu dan mempelajarinya.

Lihatlah tanda2, bukti2 di bangsa ini sekarang! apa yang membuat kita tidak yakin Bangsa ini besar dan cerdas dari sejak dulu!???
Tidakkah kita pernah cari tahu:
Jumlah presentase terbesar hacker dunia dari mana?
Jumlah presentase terbesar Blogger dunia dari mana?
Jumlah presentase terbesar ahli SEO dunia dari mana?
Kenapa Google agak tarik ulur memberi ijin adsense pada kontent berbahasa Indonesia, tapi mau trima pengiklan bahasa Indonesia?
Negara dengan penyerapan teknologi baru, komputer, internet, gadget?
Di mana, ada banyak tukang perbaiki barang elektronik, Komputer, HP..?
Anda pikir dari mana penghasian Nokia, RIM, Apple? (jgn lihat konsumtifnya, melek teknologi baru)
Berapa user Indonesia di FB, Twitter.. atau saat jamannya friendster..?
Siapa yang selalu buat TT wideworld di twitter saat Timnas tanding... hehehe.. ;)

Bisa dibayangkan kalau setiap individu di Negara ini faham negara ini kaya, dan punya banyak hal, dengan kemampuan penyerapan teknologi seperti itu..
Negara sekaya ini, Negara seluas ini, rakyat sebanyak ini, kita memang layak dikacau oleh banyak hal.. apapun caranya.. ;)

Karena harusnya Indonesia mengInspirasi Dunia,.. memelihara, menjaga dengan baik, itu bersyukur!

Jadi!

ingin sekali aku gumamkan dengan sayup di hati Dunia: "Aku bangga menjadi Indonesia"

2 comments: